Jumat, 28 Desember 2012

perilaku konsumen berdasarkan faktor demografi


PERILAKU KONSUMEN DARI SEGI DEMOGRAFI

A.    PENDAHULUAN
Perilaku konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti budaya, pribadi, psikologis dan sosial, adapula faktor demografi, yaitu berdasarkan usia, lingkungan dan konsep diri, Dalam berprilaku, para kunsumen memperhatikan berbagai macam penilaian dari berbagai aspek.

B.     ISI
Faktor demografi  merupakan salah satu penentu seseorang dalam mengambil keputusan untuk melakukan konsumsi, contohya adalah usia dan konsep diri. Usia dan konsep diri mempengaruhi seseorang dalam memilihan benda apa yang sesuai dengan dirinya. Seperti saya sebagai remaja yang masih mengenyam pendidikan di bangku universitas, menganggap perlunya memiliki benda yang mudah di bawa-bawa dan digunakan untuk membantu saya dalam berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cepat,  oleh karena itu saya memilih Blackberry 9780 sebagai handphone yang tepat bagi saya, hp ini memiliki kamera sebesar 5.0 MP dengam kualitas gambar yang baik, di mana pada Blackberry Onyx lama hanya 3,2 MP. Dari sisi internal memory, RIM juga meningkatkan kapasitas RAM menjadi sebesar 512 MB, kapasitas memory yang besar membuat saya bisa menyimpan berbagai aplikasi yang dapat membantu dalam berbagai hal, seperti twitter, facebook  & whatsapp sebagai media sosialisasi dengan orang lain, picmix, capturenux untuk mengabadikan sebuah tampilan yang saya perlukan,dll OS BlackBerry 6 juga mempercepat proses dalam setiap pengoprasian kegiatan, seperti browsing, kirim pesan dan searching jadi lebih cepat, tanpa menunggu loading yang lama dan membosankan, kelebihan lainnya yang membuat saya meilih handphione Blackberry, adalah aplikasi khusus yang hanya terdapat pada handphone jenis ini, yaitu Blackberry messanger, aplikasi ini sangat mempermudah saya dalam berkomunikasi dan berbagi infomasi dengan sesama pengguna blackberry, selain untuk komunikasi, aplikasi ini juga dapat digunakan bagi para penjual seperti saya untuk mengiklankan atau menawarkan barang-barang yang mereka jual, seperti memasang display picture barang yang saya jual, memasang status dengan keterangan barang dagangannya dll. Blackberry Onyx 2 memang memiliki banyak kelebihan fiur-fitur yang sangat berguna bagi saya.

PENUTUP
Keputusan setiap orang dalam memilih barang yang akan dikonsumsi, tergantung pada beberapa faktor, seperti faktor budaya, pribadi, psikologis dan social, termasuk pula faktor Demografi seperti usia, konsep diri dan lingkungan, sehingga dalam memproduksi suatu barang, kita harus mempengaruhi beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumsi seseorang.

Daftar pustaka
http://antoniusgunadarma.blogspot.com/2012/11/perilaku-konsumen-dari-segi-demografi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar