Sabtu, 18 Desember 2010

Manusia Dan Cinta Kasih

       Cinta merupakan rasa manusiawi yang muncul secara alami dari dalam diri setiap manusia, yang timbul karena adanya sesuatu hal yang menarik hati. Cinta adalah rasa suka atau rasa sayang yang kita rasakan kepada sesuatu, bisa terhadap Tuhan, keluarga, teman-temen man atau lawan jenis. Cinta mengandung arti yag lebih mendalam terhadap rasa, sedangkan kasih lebih meunjukkan keadaan luar dari cinta tersebut, yang di wujudkan secara nyata, baik melalui lisan, tulisan dan perbuatan.

Menurut Dr Sarlito W. Sarwono mengatakan bahwa Cinta memiliki tiga unsur yaitu : keterkaitan, keintiman dan kemesraan.
  • keterkaitan adanya perasaa hanya ingin bersama dia, berada selalu di dekatnya, diperhatikan olehnya, segala sesuatu kita perioritaskan untuknya.
  • keintiman, yaitu kebiasaaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal di gantikan dengan panggilan sayang tau mesra yang khusus ditujukan hanya untuknya, makan dan minum satu piring atau satu cangkir tanpa ada perasaan risi, pinjam meminjam baju, tidak saling menyimpan rahasia, dll.
  • kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan untuk mengungkapkan rasa sayang dan segala perbuatan yang dapat mewujudkan rasa sayang yang kita rasakan.
Hikmah cinta sebenarnya sangat berat, karena hanya manusia yang telah diberi kepahaman dan kecerdasan oleh allah SWT sajalah yang mampu merenungkannya. Diantara hikmah-hikmah tersebut adalah :
  1.  Sesungguhnya cinta itu merupakan ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia, karena cinta akan mengalami berbagai macam rintangan, da rintangan tersebut dapat mengukur seberapa serius dan terhormatnya cinta yang di rasakan.
  2. Fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan, karena ada cinta maka kita bergerak,berkreasi dan berapresiasi di dunia ini.
  3. Fenomena cinta merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan keluarga, kerukunan masyarakat, mengasihi sesama mahluk hidup, menegakan keamanan dan ketentraman dan keselamatan di segala penjuru bumi. Cinta merupakan benih dari segala kasih sayang dan segala bentuk persahabatan dimanapun adanya.
       Cinta diri sendiri adalah rasa selalu ingin melindungi dirinya dari segala apapun yang dirasa mengancam, membahayakan atau menghalangi kemajuan perkembangan pada dirinya, dengan selalu mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan dalam dirinya, dan mengembangkan semua potensi yang berada pada diriya. Cinta terhadap diri sendiri lebih mementingkan segala sesuatu yang dapat bermanfaat dan berguna bagi dirinya.

ciri ciri orang yang menunjukan kecintaan terhadap dirinya :
  • Cinta terhadap harta yang dapat merealisasikan semua keinginannya.
  • Cinta terhadap teman yang dapat menguntungkan bagi kepentingan dirinya.
  • Cinta terhadap keluarga yang dapat melindunginya.
  • Cinta terhadap lingkungan yang dapat memberinya rasa nyaman. 
       Kasih sayang merupakan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang, kasih sayang merupakan dasar komunikasi dalam suatu hubungan, dengan kasih sayang kita dapat membangun suatu hubungan yang lebih dekat dengan seseorang. Baik dengan keluarga, maupun teman dan lawan jenis, dengan kasih sayang membuat kita merasa saling diperhatihan dan diperlakukan serta di jaga dengan baik oleh orang yang kita sayangi. Oleh sebab itu suatu hubungan harus didasari oeh rasa kasih sayang diantara sesama individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar